Menandai Record dengan Query - Mapinfo Professional Tutorial
Menandai Record dengan Query

Menandai data dengan query dapat dilakukan pada view ataupun pada tabel. Menandai data dengan query pada view dapat dilakukan dengan menu Theme - Query. Sedang?kan pada tabel digunakan menu Table - Query. Anda juga dapat mengklik toobar atau Ctrl+Q. Kotak dialog berikut akan tampil.

Gambar 4.16. Data grafis dan atribut saling terkoneksi.

Pada pemilihan data lewat query, kita disuruh untuk membuat formula atau persamaan logika pada kota kosong di bagian bawah. ArcView akan mengevaluasi persamaan tersebut. Record atau objek yang memenuhi persamaan tersebut akan ditandai. Dalam membuat persamaan logika, kita dapat mengetikkan langsung persamaan tersebut, atau mengunakan field, operator, dan value yang telah disediakan.

Bila anda menuliskan formula dengan cara mengetikkan, ingat bahwa nama field harus diapit oleh kurung siku ([]) dan nilai string atau data bertipe karakter harus diapit dengan tanda petik dua ("). Sedangkan untuk data bertipe numerik tidak perlu diapit oleh tanda petik dua.

Akan lebih baik apabila anda membuat formula dengan menggunakan field, operator atau value yang telah disediakan. Untuk menggunakan field atau value yang telah ada pada daftar, klik 2 kali field atau value tersebut. Untuk tanda operator klik sekali.

Dalam prakteknya, biasanya digunakan kombinasi. Field dan operator diambil dari daftar, sementara nilai yang tidak ada pada daftar diketikkan langsung melalui keyboard. Berikut ini disajikan beberapa contoh persamaan logika.

Tabel 4.2. Contoh beberapa persamaan logika

No

Persamaan

Arti

1

( [Kabupaten] = "Kab. Bangli" )

Menandai record atau objek dimana field kabupaten sama dengan Kab. Bangli.

2

( [Total] >= 300000 )

Menandai record yang total penduduknya lebih besar atau sama dengan 300.000.

3

( ( [Perempuan] * 2 ) > [Total] )

Memilih record dimana 2 kali penduduk perempuan lebih besar dari total penduduk.

4

( [Total] > 300000 ) and ( [Rt] < 80000 )

Memilih record yang total penduduknya lebih besar dari 300.000 tetapi dengan jumlah rumah tangga lebih kecil dari 80.000.

Secara standar, ArcView akan mengkalkulasi persamaan dari kiri ke kanan. Apabila anda ingin bagian tertentu dari persamaan dikalkulasi terlebih dahulu, sisipkanlah tanda kurung buka dan kurung tutup pada bagian tersamaan tersebut.

Tanda operator And memberikan nilai benar apabila kedua ekspresi bernilai benar. Operator Or apabila salah satu ekspresi bernilai benar. Sedangkan Not Membalik keadaan, bila ekspresi benar akan bernilai salah, dan sebalikknya. Perhatikan tabel di bawah ini.

Tabel 4.3. Contoh Penggunaan operator (), And, Or, dan Not

No

Persamaan

Nilai

1

2 * 3 + 4

10

2

2 * ( 3 + 4 )

14

3

( 2 * 3 > 2 + 3 ) And ( 2 + 3 > 2 * 3)

Salah

4

( 2 * 3 > 2 + 3 ) And ( 2 + 3 < 2 * 3)

Benar

5

( 2 * 3 > 2 + 3 ) Or ( 2 + 3 > 2 * 3)

Benar

6

( 2 * 3 > 2 + 3 ) Or ( 2 + 3 < 2 * 3)

Benar

7

( 2 * 3 < 2 + 3 ) Or ( 2 + 3 > 2 * 3)

Salah

8

( Not ( 2 * 3 < 2 + 3 ) )

Benar

9

( Not ( 2 * 3 > 2 + 3 ) )

Salah

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kotak dialog Query di atas adalah :

1. Secara standar kotak cek Update Value selalu diaktifkan. Ini berarti setiap anda mengklik daftar field yang ada di bagian kiri, seluruh nilai field yang ada pada tabel tersebut akan ditampilkan pada kotak Value. Sedangkan bila tidak diaktifkan perubahan field yang dipilih pada kotak Fields, tidak akan merubah nilai pada kotak value.

2. New Set, berarti kita membuat pilihan baru dari ekspresi atau persamaan yang dibuat. Bila sebelumnya ada satu atau beberapa record yang telah dipilih akan di-unselect terlebih dahulu.

3. Add To Set, Hasil pemilihan record dari persamaan yang dibuat, akan ditambahkan pada record yang telah terpilih sebelumnya. Contoh bila semula ada 5 record yang terpilih dan persamaan yang dibuat memenuhi 3 kreteria selain record yang telah terpilih, maka sekarang akan ada 8 record yang ditandai,

4. Select From Set, Pemilihan record bukan dilakukan pada semua record dalam tabel, tetapi hanya dari record yang telah dipilih. Cara ini biasanya digunakan untuk mempersempit pilihan dengan membuat beberapa persamaan. Contoh bila semula ada 10 record yang ditandai, dan bila persamaan yang dibuat memenuhi 12 kriteria dari seluruh record dalam tabel dan 4 kriteria dari record yang terpilih, maka sekarang akan ada 4 record yang ditandai.

Bila jumlah record cukup banyak anda dapat menggunakan fasilitas Find untuk mencari data bertipe string dalam tabel dan langsung menandai record yang ditemukan. Gunakan menu Table - Find atau klik toolbar atau Ctrl+F. Bila muncul kotak dialog berikut, ketik teks yang akan dicari.

Gambar 4.17. Kotak dialog pencarian teks pada tabel.

Mau Berkomentar?

Nama :

Alamat :
Komentar :
Ada 39 komentar telah masuk 1/8
Haris. Kalimantan Barat, Pontianak. Salam Kenal Pak...Saya Mau Tanya,,,Gimana cara membuat Grid_2500 dan Seterus Nya....Tolong balas ke email saya pak Email : esaya29@ymail.comTerimakasih Pak Sebelumnya
Haris Pratama. Kalimantan Barat. Salam Kenal Pak...Saya Mau Tanya,,,Gimana cara membuat Grid_2500 dan Seterus Nya....Tolong balas ke email saya pak Email : esaya29.comTerimakasih Pak Sebelumnya
Juksen Sagisolo. Jl.babarsari Tb/10/no/8. Sangat baik
Donny. Pemalang. pa cara menghilangkan peta gimana pa contoh : pekalongan , trus saya mau menghilangkan yang bagian timur selatan barat , kecuali timur... pleas bls donnyfa745@gmail.com makasih
Fikran. Makassar. PAK SAYA PUNYA LAPTOP HANYA BISA MENGGUNAKAN WINDOWS 8 64 BYT, GMANA CARANYA SAYA INSTAL EKSTENSION ANALISISNYA? KARNA HANYA 32 EKTENSION SAYA PAK