Setting Halaman Layout - Mapinfo Professional Tutorial
Setting Halaman Layout

Bentuk dan komposisi layout sangat dipengaruhi oleh bentuk halaman layout. Untuk itu sebelum pembuatan layout dimulai, perlu dilakukan pengaturan halaman layout. Klik menu Layout - Page Setup untuk melakukan pengaturan halaman layout. Kotak dialog Page Setup akan tampil seperti gambar berikut.

Gambar 11.4. Kotak dialog Page Setup.

Beberapa komponen yang perlu diatur adalah sebagai berikut.

1. Page Size, menyatakan ukuran halaman layout dan berhubungan juga dengan ukuran kertas yang digunakan untuk pencetakan. Ada dapat memilih ukuran page size sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan alat pencetakan. Nilai defaultnya adalah Same as Printer sesuai dengan pengaturan pada properti printer. Bila anda menginginkan ukuran tertentu, yang tidak ada pada daftar pilihan yang disediakan, pilihlan Custom dan tentukan lebar dan panjangnya pada isian Width dan Height. Satuan atau Units ukuran standarnya digunakan inci. Anda dapat mengubah sesuai dengan satuan yang lebih familiar.

2. Orientation, merupakan arah pencetakan. Ada 2 pilihan, portrait dan landscape. Pada gambar di bagian kiri adalah orientasi portrait, yaitu arah pencetakan berdasarkan lebar kertas, sedangkan gambar di bagian kanan adalah landscape, yaitu pencetakan menurut panjang kertas. Penentuan pilihan portrait dan landspace tergantung dari bentuk peta yang akan dibuatkan layout. Apabila peta menanjang ke bawah, orientasi portrait yang lebih cocok. Sebaliknya bila peta memanjang ke samping seperti peta yang akan dipakai contoh pada layout ini sebaikknya digunakan orientasi landscape.

3. Margins, menyatakan apakah kita akan menggunakan pengaturan pada printer atau kita tentukan sendiri. Bila kita memakai pengaturan pada properti printer, aktifkan kotak cek Use printer border, kalau tidak tentukan sendiri margin atas, kiri, bawah, dan kanan dengan satuan yang ditentukan pada pilihan unit di atas.

4. Output Resolution, menentukan kualitas output yang akan dihasilkan, baik pada tampilan di monitor, hasil cetakan, maupun kualitas citra yang akan diekspor. Ada 3 pilihan Low, Normal, dan High. Nilai standarnya adalah Normal.

Pengaturan yang dilakukan pada contoh ini adalah menggunakan nilai default seperti pada kotak dialog di atas, kecuali orientasi digunakan landscape.

Hal lain yang perlu diatur sehubungan dengan halaman layout adalah Properti Layout dengan menggunakan menu Layout - Properties.

Gambar 11.5. Kotak dialog Layout Properties.

Isikan nama layout pada Name, Ukuran grid (garis putus-putus yang ditampilkan pada window layout untuk memudahkan kita menempatkan objek) vertikal dan horisontal pada Grid Spacing Horizontal dan Vertical, dan kotak cek Snap to Grid. Snap to Grid bila diaktifkan objek grafis yang dibuat atau dipindahkan akan ditempatkan pada grid, bila tidak diaktifkan objek grafis akan ditempatkan tidak tepat pada grid. Gunakan pilihan default untuk semua pilihan ini.

Mau Berkomentar?

Nama :

Alamat :
Komentar :
Ada 13 komentar telah masuk 1/3
Dewi. Suruh, Semarang. Pak, cara memunculkan measured grid gmana ya pak? padahal graticulenya sudah muncul.. apa krana newshape hasil projection utility yg pjok kanan gk ada utm nya ya pa? mohon pencerahannya...
Irwansyah. Jln Setia Budi Medan. mas... bagaimana menampilkan attribut pada datagridview vb.net.
Chaylor. Klitren Lor Gk Iii Yogyakarta. bagaimana cara membuat penampang geologi di arcgis 10.1 ??? makasih
Aldo. Klitren Lor Gk Iii Yogyakarta. bagaimana cara membuat pea geologi di arcgis 10.1 makasih ....
Dhina. Jogja. itu data yg dipakai apa aja ya? jika sftwarenya map info n pakai data jual beli lahan cuma ada plot xy saja cara batasan admin biar punya ketinggian pake data apa? soalnya pake data hrga lahan yg tintti titiknya bukan batasan daerahnya. terimakasih