Menambahkan Garis dan Teks - Mapinfo Professional Tutorial
Menambahkan Garis dan Teks

Seorang perancang komposisi peta, selain harus mengikuti kaedah kartografi, juga harus mempunyai jiwa seni agar tampilan peta menjadi menarik dan komonikatif. Anda dapat menambahkan garis dan teks untuk menambah keartistikan peta. Tambahkan beberapa garis atau kotak pada contoh layout peta tersebut. Gunakan toolbar Draw straight line () dan Draw rectangle () untuk menggambar garis dan kotak, dan toolbar Text () untuk membuat teks. Berikut ini tampilan peta yang telah dilengkapi dengan garis dan teks untuk judul peta.

Gambar 11.14. Tampilan peta setelah dilengkapi dengan garis dan teks judul.

Membuat garis atau kotak dilakukan dengan cara memilih toolbar atau , kemudian klik dan drag pada tempat yang akan diisi garis atau kotak. Untuk menambahkan teks klik toolbar Text () dan klik pada posisi yang akan diisi teks. Bila kotak dialog Text Properties muncul, ketik teks yang diinginkan. Atur spasi pada Vertical Spacing bila teks lebih dari satu baris, dan tentukan putaran teks dengan mengisi angka dalam satuan derajat pada Rotation Angle. Misalnya pada 0 derajat teks tampak horizontal, pada sudut 90 derajat tulisan akan tegak atau vertikal, dan seterusnya.

Gambar 11.15. Kotak dialog Text Properties.

Memindahkan garis atau teks dapat dilakukan dengan toolbar pointer (). Klik dan drag ke tempat yang diinginkan. Sementara untuk mengubah ukuran garis dan teks dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya, klik objek grafis tersebut dengan toolbar pointer, kemudian arahkan pada ujung objek tersebut. Bila muncul tanda panah yang menandakan objek tersebut siap untuk diubah ukurannya, drag ke arah luar objek untuk memperbesar, dan ke dalam objek untuk memperkecil. Gambar berikut ini memberikan ilustrasi tentang cara memindahkan dan mengubah ukuran objek grafis (teks dan kotak).

a b c d

Gambar 11.16. Contoh posisi pointer mouse saat memindahkan (a,b) dan mengubah ukuran (c,d) objek grafis.

Cara lain yang dapat digunakan untuk memindahkan dan mengubah ukuran objek grafis adalah dengan menandai objek tersebut dengan toolbar Pointer, kemudian gunakan menu Size and Position dari menu Graphics.

Gambar 11.17. Kotak dialog Graphics Size and Position.

Untuk mengatur ukuran objek grafis, ubah widh dan height. Sementara untuk memindahkan objek ganti nilai from left, from right, from top atau from bottom.

Anda juga dapat menggunakan menu Window - Show Symbol Window untuk mengatur properti objek grafis, setelah objek tersebut ditandai terlebih dahulu dengan toobar Pointer.

Catatan

Selain membuat garis, kotak, dan teks, anda juga dapat membuat objek grafis yang lain seperti titik, polygon, atau lingkaran dengan memanfaatkan toolbar Draw point (), Draw Polygon (), atau Draw circle ().

T i p

Apabila anda kesulitan mengakses toobar grafis di atas, klik toolbar tersebut agak lama untuk memunculkan semua toolbar.

Mau Berkomentar?

Nama :

Alamat :
Komentar :
Ada 14 komentar telah masuk 1/3
Syah_land. Kendari. salam pak, bagaimanakah cara memunculkan indeks kontur yng telah kita buat, n bagaimana cara membuat kontur mayor dan minor dengn ArcGIS? trimakasih pak.
Dewi. Suruh, Semarang. Pak, cara memunculkan measured grid gmana ya pak? padahal graticulenya sudah muncul.. apa krana newshape hasil projection utility yg pjok kanan gk ada utm nya ya pa? mohon pencerahannya...
Irwansyah. Jln Setia Budi Medan. mas... bagaimana menampilkan attribut pada datagridview vb.net.
Chaylor. Klitren Lor Gk Iii Yogyakarta. bagaimana cara membuat penampang geologi di arcgis 10.1 ??? makasih
Aldo. Klitren Lor Gk Iii Yogyakarta. bagaimana cara membuat pea geologi di arcgis 10.1 makasih ....